Bakso, Asal Usul dan Jenisnya


Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai. 

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia hal ini ditunjukkan dari istilah Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging babi giling'. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Seiring berkembangnya waktu, istilah bakso menjadi lebih dikenal dengan 'daging giling' saja. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang.
Macam-macam Jenis Bakso



1. Bakso Sapi

Bakso sapi ini yang sangat sering kita jumpai, baik di warung maupun pedagang kaki lima.








2. Bakso Ayam
Kalau yang ini bakso yang terbuat dari ayam. Biasanya bakso ini kurang jarang kita jumpai.



3. Bakso Ikan

Nah kalau bakso ikan ini biasanya warnanya agak keputihan dan tekstur nya lebih halus, lalu tingkat kekenyalannya tidak se kenyal bakso sapi.








4. Bakso Tahu
Kalau bakso tahu ini biasanya baksonya ada di dalam tahu.


5. Bakso Goreng
Bakso goreng ini biasanya tidak disajikan dengan kuah, melainkan digoreng dan disajikan dengan saus sambal, atau saus khas bakso goreng.

6. Bakso Bakar
Nah, bakso bakar ini biasanya ditusuk seperti sate, diberi bumbu khusus, lalu dibakar.


7. Bakso Kotak
Sesuai namanya, bakso kotak ini biasanya adalah bakso sapi, tetapi berbentuk kotak.
8. Bakso Gepeng
Kalau yang ini tentu saja bentuk baksonya yang gepeng. :)


9. Bakso Sarang Burung
Bakso sarang burung ini juga patut dicoba. Bakso ini bukan terbuat dari sarang burung sungguhan, melainkan terbuat dari berbagai bahan sehingga menjadi berbentuk sarang burung.


10. Bakso Keju
Kalo yang ini bakso favorit saya. :) Dari luar terlihat seperti bakso sapi biasa, tetap begitu digigit, terasa banget kejunya. Recommended banget buat yang satu ini. 


Comments

Popular posts from this blog

12 Gitaris Wanita Terbaik Dunia dan 10 Gitaris Terbaik Indonesia

TEDx, Presentasi Inovasi dan Ide Baru

9GAG, Asal Usul dan Faktanya