Hiriko Fold, Mobil Lipat Masa Depan
Macetnya jalan dan polusi udara sudah merebak dimana mana. Kini saatnya alat transportasi yang berpolusi digantikan dengan yang tidak berpolusi.
Salah satu yang menarik adalah yang disodorkan konsorsium oleh Hiriko dari Bilboa, Basque, Spanyol. Konsep kendaraan yang ditawarkan juga diberi nama Hiriko dua kata dalam Basque, “hiri” (kota) dan “ko” (milik) yang diterjemahkan dari kota.
Prototipe kendaraan ini sudah mulai diujicoba di perkotaan Eropa dan diperkirakan kendaraan ini akan dipasarkan mulai tahun 2013 dengan harga sebesar £ 10.000 atau sekitar Rp 148 juta.

Untuk menggurang polusi, Hiriko menawarkan mobil listrik. Targetnya sebagai transportasi komuter urban. Khususnya dari rumah ke stasiun kereta api atau terminal bus dan sebaliknya.
Ciri khas yang menarik dari mobil, bukan hanya karena dimensi yang sangat munggil, panjang 2,5 meter saja jalan. Bila diparkir, bisa dilipat dan menciut menjadi 1,5 meter. Jelas ini akan memudah untuk parkir.

Sumber daya
Hiriko Fold merupakan mobil listrik ultra kompak, menggunakan baterai lithium-ion yang bisa diisi penuh dalam 15 menit. Baterai ditempatkan di lantai untuk menjaga titik pusat mobil rendah.
Hiriko Fold merupakan mobil listrik ultra kompak, menggunakan baterai lithium-ion yang bisa diisi penuh dalam 15 menit. Baterai ditempatkan di lantai untuk menjaga titik pusat mobil rendah.
Laju kendaraan
Keempat roda langsung dipasangi motor listrik bertenaga 15 kW. Karena dirancang untuk jarak dekat di dalam kota, kecepatan maksimumnya dibatas 50 kpj. Sedangkan jarak tempuh 120 km.
Keempat roda langsung dipasangi motor listrik bertenaga 15 kW. Karena dirancang untuk jarak dekat di dalam kota, kecepatan maksimumnya dibatas 50 kpj. Sedangkan jarak tempuh 120 km.
Dengan kecepatan demikian, sangat cukup untuk transportasi perkotaan terlebih kendaraan ini tak berpolusi.
Berbalik arah
Ciri khas lain dari Hiriko, pengemudi dan penumpang keluar-masuk dari bagian depan mobil (kaca depan) yang sekaligus berfungsi sebagai pintu.
Selanjutnya, pelipatan bagian belakang mobil ke depan, dikontrol secara independen oleh “roda robot”. Hebatnya lagi, keempat roda bisa berbelok 60 derajat, yang memungkinkan kendaraan dapat berputar sumbunya atau berbalik arah dengan mudah. Berarti untuk parkir sangat gampang, tidak perlu maju-mundur.
Ciri khas lain dari Hiriko, pengemudi dan penumpang keluar-masuk dari bagian depan mobil (kaca depan) yang sekaligus berfungsi sebagai pintu.
Selanjutnya, pelipatan bagian belakang mobil ke depan, dikontrol secara independen oleh “roda robot”. Hebatnya lagi, keempat roda bisa berbelok 60 derajat, yang memungkinkan kendaraan dapat berputar sumbunya atau berbalik arah dengan mudah. Berarti untuk parkir sangat gampang, tidak perlu maju-mundur.
Heptic Steer
Daya tarik lain dari mobil ultra-kompak ini adalah kontrol kerjanya, misalnya untuk berakselerasi, diperlambat dan berbelok. Untuk itu digunakan setir model pesawat terbang dengan teknologi heptic steering wheel. Tepatnya setir yang bisa memberikan umpan balik atau bekerja berdasarkan tekanan dan setuhan yang diberikan oleh pengemudi.
Daya tarik lain dari mobil ultra-kompak ini adalah kontrol kerjanya, misalnya untuk berakselerasi, diperlambat dan berbelok. Untuk itu digunakan setir model pesawat terbang dengan teknologi heptic steering wheel. Tepatnya setir yang bisa memberikan umpan balik atau bekerja berdasarkan tekanan dan setuhan yang diberikan oleh pengemudi.
Untuk mempercepat laju mobil, setir hanya ditekan ke depan. Sebaliknya bila ingin mengurangi kecepatan, ditarik ke belakang. Selanjutnya, bila ingin berbelok, putar sesuai dengan arah yang diinginkan. Praktis kan!
Comments
Post a Comment
Komentar anda akan membuat blog ini lebih baik.